Cara Troubleshooting Website Error Mencari Penyebabnya

Website mengalami error setelah diupload ke cpanel sudah wajar terjadi, karena ada perbedaan antara pengaturan di xampp dan di cpanel anda. Ikuti Cara Troubleshooting Website Error Mencari Penyebabnya

Cek Error Log

Error log yang terdapat di file manager (dalam folder public_html) akan muncul/tercipta apabila terjadi error pada website/script. Log error memberitahukan tgl dan jam mulai terjadi error, pesan error, dan lokasi file yang error. Dengan mengetahui informasi tersebut, pengguna hosting dapat mengetahui penyebab terjadinya error.

Versi PHP

Script yang telah dibuat sesuai versi PHP yang digunakan pembuat/pengembang, apabila terjadi error maka bisa jadi versi PHP tidak sesuai. Anda dapat mengecek disitus resmi atau bertanya required minimum PHP version. dan extensi PHP yang harus di enable(diaktifkan). Untuk merubah versi PHP dan enable ektensi melalui cPanel berikut:

  1. Login cPanel
  2. Pada kolom software, klik Select PHP Version
  3. Pilih versi PHP yang dibutuhkan dan klik Set as current

Cek .htaccess

Fungsi htaccess punya wewenang mengatur folder dan sub folder yang akan di-load atau melakukan redirect. Namun apabila ada kesalahan perintahnya maka akan terjadi error. Kesalahan perintah di htaccess tidak dapat dilihat atau tidak ada pesan error yang menunjukkan perintah htaccess salah. Apabila versi PHP sudah sesuai, namun masih error mungkin anda dapat tidak menggunakan htaccess dulu dengan cara merename file “.htaccess” menjadi “.htaccessbackup” (contohnya).

Bantuan Support Online

Apabila sudah megikuti Cara Troubleshooting Website Error Mencari Penyebabnya namun error masih terjadi, maka anda dapat menghubungi team support online kedaihosting untuk melakukan pengecekan langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *