Solusi selain transfer domain agar cepat diproses

Transfer domain membutuhkan proses cukup waktu yang lama yaitu 7 hari, hal tersebut berlaku untuk domain TLD. Biasanya dalam waktu 2 s/d 3 hari akan diinformasikan apabila gagal transfer akibat: Kode EPP salah, status Lock, dan domain terproteksi IDnya. Jadi pastikan persyaratan domain terpenuhi, agar tidak membuang waktu untuk transfer domain. Atau untuk mengetahui transfer domain sudah memenuhi syarat tanpa menunggu, dapat ditanyakan kepada pihak tempat baru penyedia domain. Maka itu berikut Solusi selain transfer domain agar cepat diproses

Proses Transfer Domain

Sebelumnya kita bahas dulu proses transfer domain TLD, membutuhkan persyaratan (Persiapan Transfer Domain):

  1. Code EPP
  2. Disable Registrar-Lock
  3. Disable Whois Privacy (Proteksi ID)

yang dapat dilihat kode EPP dan Disable pada panel domain tempat lama. Jika sudah ditransfer ke kedaihosting, maka perlu membutuhkan verifikasi melalui email oleh pemilik lama atau anda sendiri. Jika verifikasi berhasil, tinggal menunggu proses transfer selama 7 hari.

Tentu cara diatas aman dan dapat dilakukan apabila pemilik lama dan pemilik baru yang berbeda. Namun apabila pemilik lama dan pemilik baru sama (sama kontak dan alamat emailnya), maka dapat melakukan move service, agar prosesnya cepat (hanya beberapa menit saja, jika sesuai prosedur singkat).

Penting: Selama proses transfer domain, anda tidak dapat mengubah nameserver atau pengaturan lainnya.

Proses Move Service

Sebelum melakukan move service, silahkan tanyakan kepada CS online kedaihosting untuk melakukan pengecekkan apakah registrar sama. Apabila registrar sama, maka dapat dilakukan move service dengan cara berikut:

  1. Harus Kirim ticket ke support online (anda sudah menjadi member di kedaihosting, atau sudah memiliki hosting/domain di kedaihosting)
  2. Team support akan memberikan ID dan Email melalui member.kedaihosting.com
  3. Login panel domain di tempat lama, masukkan ID dan Email

    selanjutnya klik Move services to other Customer
  4. Anda akan mendapatkan email terkait verifikasi untuk pemindahan layanan, yang perlu anda klik linknya.

Apabila tidak melakukan verifikasi, maka domain tidak dapat dimove service, Move service ini dapat dilakukan apabila registrar sama. Apabila registrar beda, maka lakukan cara transfer domain saja dan bersabar menunggu proses 7hari.

Kesimpulannya: Transfer domain dan move service, sama-sama memerlukan verifikasi melalui email (pemilik lama dan pemilik baru), yang membedakan hanya waktu proses saja. Karena jika registrar sama, maka tidak perlu transfer domainpun bisa. Namun jika melakukan transfer domain, +1 tahun perpanjangan domainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *