Hosting

Apa Solusinya jika Space dan Bandwidth Hosting Habis

Pengguna Hosting masih bingung atau tindakan salah untuk mengatasi space habis. biasanya menghapus file di cpanel yang dianggap memenuhi hostingnya, tentu akan membuat space longgar namun juga membuat website tidak bisa diakses contohnya. Hal tersebut karena salah menghapus file, file yang dihapus diluar folder public_html yang mengakbibarkan website error. Lalu apa solusinya jika space hosting habis?

Cek Penyebabnya

Penyebab space penuh bisa jadi karena:

  1. Spam Mail
  2. Database bengkak
  3. File Sampah
  4. File Backupan
  5. Penggunaan meningkat

Spam mail

Untuk mengetahui penyebabnya adalah spam mail bisa cek berikut:

  1. di cPanel > Disk Usage (FILES)
    File Manager
  2. Periksa pada Mail/, jika ada yang janggal padahal anda tidak menggunakan mail di cpanel. Hal ini karena spam mail yang menumpuk berbulan-bulan sehingga mengendap. lalu bagaimana cara menghapusnya? ikuti langkah selanjutnya
    penyebab spam mail
  3. Pada FILS klik File Manager, masuk folder Mail/Cur .didalam folder Cur klik Select All dan hapus. PERHATIAN: Pastikan menghapus file didalam folder “cur”, kesalahan menghapus akan mengakibatkan error.
    hapus semua email di inbox

Database bengkak

Yang menyebabkan database bengkak adalah salah satunya spam komentar di CMS anda, contohnya menggunakan CMS wordpress. Apabila wordpress tidak dipasang plugin filter spam maka spam akan menumpuk berbulan bulan. hal tersebut mengakibatkan database bengkak, yang harusnya size database 5mb s/d 20mb bisa menjadi 100mb akibat spam komentar ini.Untuk mengetahui penyebabnya adalah spam komentar dengan cara melihat di dasbor wordpress > Komentar, apabila ada banyak komentar yang berjumlah tidak wajar maka dipastikan adalah spam komentar. Lalu bagaimana caranya untuk menghapus? ikuti langkah berikut:

Hapus database komentar

Jika tidak ada komentar real ditulis oleh pengunjung maka langsung hapus semuanya, dengan cara:

  1. Pada databases pilih Phpmyadmindatabase cpanel
  2. Pada database, cari comments, terdapat banyak list komentar. klik Pilih Semua dan klik Hapus. PERHATIAN: Pastikan menghapus didalam “comments”, dianjurkan mengbackup terlebih dahulu agar ada database cadangan apabila ada kesalahan hapus.

File sampah

File sampah ada karena saat menghapus file tidak permanen, namun akan dipindahkan ke folder trash . Jika ingin menghapus permanen, centang “Skip the trash and permanently delete the files” saat menghapus file. lalu bagaimana caranya menghapus file sampah?

  1. di cPanel > Disk Usage (FILES)
  2. Pada Contained Disk Usage ada Trash, Klik Trash
    file sampah di cpanel
  3. Nanti akan dialihkan ke File Manager, folder Trash. hapus semua isi folder Trash.  PERHATIAN: Pastikan menghapus didalam “trash”, dianjurkan mengbackup terlebih dahulu agar ada file cadangan apabila ada kesalahan hapus.

File Backupan

Saat memperbaiki script atau merubah script, pasti melakukan backup terlebih dahulu. hal ini dikarenakan agar jika terjadi error dapat direstore. Jika anda lupa menghapus file backupan dan menumpuk maka akan membuat space hosting penuh. Apabila anda mengbackup, makan tenpat backupan ada di Home/, Hapus file backupan yang berekstensi .tar

Penggunaan Meningkat

Apabila Hal diatas tidak terjadi maka penggunaan hosting anda meningkat, maka harus upgrade hosting agar space longgar kembali. Mengupgrade hosting tidak merugikan pelanggan karena biaya upgrade adil bagi pelanggan. untuk simulai upgrade dapat dilihat di artikel Menghitung biaya upgrade hosting, sedangkan untuk cara upgrade hosting dapat di lihat di artikel Cara upgrade hosting

Upgrade kapanpun dengan biaya adil bagi pelanggan, semoga artikel Apa Solusinya jika Space dan Bandwidth Hosting Habis membantu anda yang space habis

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top