Hosting

Mengatasi tempat beli Hosting tutup

Hosting menjadi tempat menyimpan file-file dimana website bisa tampil, apabila server shutdown maka semua akun hosting didalam server tersebut tidak bisa diakses. Berbeda dengan Mengatasi tempat beli domain tutup yang sebelumnya sudah dibahas, Mengatasi tempat beli Hosting tutup lebih mudah apabila server masih aktif. Apabila anda dapat pemberitahuan hosting ditutup dan server akan dishutdown, maka segeralah membackup untuk memindahkan hosting lain (contoh: kedaihosting.com)

Migrasi hosting segera

Bila sudah diinformasikan hosting tutup, maka dalam beberapa bulan saja biasanya server akan dishutdown. Maka anda harus mengambil langkah cepat dengan cara berikut:

1. Backup Hosting

  1. Login Cpanel
  2. Klik backup
  3. Klik Download a Full Account Backup
  4. Pilih Home Directory, dan pilih Do not send email notification of backup completion (proses backup berjalan tidak lama apabila file tidak besar)
  5. Apabila selesai dibackup, klik link seperti dibawah untuk mendownloadnya

File backup dapat dilihat di file manager juga pada direktori “/home/example/backup-6.24.2019_09-26-48_example.tar.gz” dan dapat dipindahkan ke folder /home/example/public_html/ agar bisa melakukan migrasi hosting ke kedaihosting.com

Dengan melakukan langkah diatas maka file-file, database, dan email terbackup dan dapat dimigrasi ke hosting baru. Silahkan segera hubungi kedaihosting apabila anda ingin medapatkan bantuan migrasi, cukup memberikan informasi cpanel atau link backup.

Bagaimana apabila server sudah shutdown

Jika telat menaggulangi, mungkin anda tidak sempat atau terlewatkan pemberitahuan hosting tutup dari penyedia hosting melalui email. Dan tidak sempat untuk membackup karena server sudah shutdown maka file-file sudah hilang atau sangat tidak memungkinkan untuk dikembalikan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top