Wordpress

Mengatasi wp-admin tidak bisa diakses di WordPress

Wp-admin adalah halaman dashboard pada WordPress, yang  berfungsi mengelola semua pengaturan website wordpress dan tentunya mengelola postingan. Namun ada hal yang tidak diinginkan yaitu halaman wp-admin tidak bisa diakses, sedangkan beranda website tidak mengalami masalah. Jadi perlu megnetahui penyebabnya untuk mengatasi wp-admin tidak bisa diakses di WordPress.

Menggunakan https (SSL tidak terinstall atau SSL expired)

Untuk masalah SSL tidak terinstall atau SSL expired, maka beranda website atau halaman wp-admin tidak dapat diakses. Muncul pesan “Your connection is not private” pada browser chrome (contohnya) setiap website diakses. Namun ada beberapa khasus dimana hanya terjadi di halaman wp-admin, karena wp-admin dialihkan ke https.

Solusi: Install SSL, Jika anda menggunakan comodo ssl dapat perpanjang SSL

Kembalikan default .htaccess wordpress

File .htaccess berperan penting di wordpress, apabila salah konfirgurasi maka website tidak tampil/error. file .htaccess akan dikonfigurasi atau ditambahkan baris perintah apabila anda menginstall plugin tertentu, contoh: plugin W3 Total Cache. Namun penambahkan baris perintah di file .htaccess akan berakhibat fatal apabila versi plugin tidak support dengan wordpress yang digunakan. Untuk mengembalikan default .htaccess wordpress, dapat mengubah isinya menjadi:


# BEGIN WordPress

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

Nonaktifkan Plugin dan theme

Apabila masih mengalami hal sama (masih tidak tampil di wp-admin) setelah mengubah default .htaccess nya. Maka nonaktifkan plugin/theme yang tidak support dengan wordpressnya dengan cara merubah berikut:

Menonaktifkan Theme melalui phpmyadmin

  1. Login cPanel, klik phpMyAdmin
  2. Pilih database wordpress anda, klik _options
  3. Ke halaman 2, cari baris template dan stylesheet.

    centang template & stylesheet, dan klik edit . ubah option_value: twentyseventeen, lalu klik Go paling bawah.

Menonaktifkan plugin di file manager

  1. Login cPanel
  2. Klik File Manager
  3. Ke folder wp-content/plugins
  4. Rename folder plugin yang ingin dinonaktifkan

Cara diatas untuk Mengatasi wp-admin tidak bisa diakses di WordPress, yang sering dialami pengguna wordpress. Untuk menghindari hal demikian, anda bisa mengupdate plugin dan theme wordpress dengan benar. Pastikan juga plugin/theme sudah support dengan versi wordpress yang anda gunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top